Cara Membuat Adonan Donat yang Lembut dan Empuk?

Bila ditinjau dari komposisi bahannya, adonan dapat dibagi menjadi dua kategori:

1. Adonan padat (dough)
Bahan utama adonan padat adalah tepung yang dicampur air serta bahan lain seperti ragi, telur, lemak, garam sebelum diuleni dengan mesin atau tangan sehingga kalis (tidak lengket) dan mudah dibentuk, contohnya: adonan pizza, tortilla, pastry, spaghetti, roti, donat, berbagai jenis kue kering, dan kulit untuk berbagai jenis dimsum (lumpia, bakpao, siomai).

2. Adonan encer
Tepung sebagai bahan utama biasanya tidak dicampur dengan air, tapi dicampur dengan gula, telur, atau susu sebelum dicampur (dikocok) menggunakan mesin atau tangan sampai membentuk adonan yang encer dan kental seperti krim, misalnya: adonan cake, bolu, panekuk, wafel, pudding, berbagai jenis kue kering, beberapa jenis roti, dan berbagai jenis gorengan.

Namun bila dilihat dari bahan-bahan serta pembuatannya, adonan bisa dikategorikan dalam beberapa jenis:

1. Adonan pasir
Adonan pasir adalah adonan yang proses pembuatannya menggunakan 2 buah pisau yang dicincang halus hingga seperti pasir dan dimatangkan dengan cara dibakar/dioven. Adonan pasir dapat dibagi menjadi dua yaitu :

a. Adonan pasir rasa manis (Sugar pastry)
Adonan sugar pastry menggunakan bahan dasar tepung gandum, margarin, gula pasir, serta kuning telur.

Contoh: Putri salju, moka salju, nastar, bola nanas dll.

b. Adonan pasir rasa asin
Adonan pasir rasa asin menggunakan bahan utama tepung terigu, margarin, sedikit garam serta kuning telur.

Baca juga  Kiat Agar Dapat Meraup Keuntungan Besar dari Usaha Bumbu Rentengan
Contoh: Kue krakeling asin, kastengel, bola keju dll.

2. Adonan rebus
Adonan rebus adalah adonan yang cara pembuatannya dengan direbus dan diselesaikan dengan cara direbus/dikukus, dioven dan digoreng.
Contoh: Berbagai jenis kue sus, nagasari beras/hungkue, jenang, bubur manis/cendol.

3. Adonan Lembaran
Adonan lembaran ialah adonan yang cara pembuatannya dengan ditipiskan atau digiling hingga menyerupai lembaran dan dimatangkan dengan cara dioven atau digoreng.
Adonan Lembaran dibagi menjadi dua macam:

a. Adonan Pai (Pastei)
Adonan Pie) menggunakan bahan dasar tepung gandum, margarin dingin, garam dan air yang dimatangkan dengan cara dioven dan berguna sebagai kulit kue.

b. Adonan Feuillete atau Bladerdeeg
Adonan Bladerdeeg menggunakan bahan dasar tepung gandum, korsvet atau lemak padat dan air es sehingga menghasilkan kue yang berlapis-lapis yang diselesaikan dengan cara dioven atau digoreng.

Contohnya: roti amandel, dll.

4. Adonan goreng
Adonan goreng ialah adonan yang dimatangkan dengan cara digoreng.
Adonan goreng terbagi menjadi tiga jenis yaitu:

a. Adonan goreng biasa
Adonan ini menggunakan bahan dasar tepung beras, tepung terigu atau tepung ketan dan cairan (air biasa atau air santan).
Contohnya: Rempeyek, keripik tempe, pisang goreng, mendoan, dll.

b. Adonan fritur
Adonan fritur adalah adonan goreng yang membuatnya dengan didadar terlebih dahulu.
Contohnya: berbagai macam lumpia atau risoles.

c. Adonan beignet
Adonan beignet ialah adonan yang menggunakan bahan dasar terigu, telur, dan susu. Bentuk adonan beignet agak kental dan umumnya digunakan sebagai adonan untuk menggoreng berbagai macam seperti nanas, pisang, nangka dan apel.

5. Adonan bolu
Adonan bolu adalah adonan yang proses pembuatannya dengan cara dimixer atau dikocok dan diselesaikan dengan cara dikukus atau dioven.
Adonan bolu ada 4 macam yaitu:

a. Adonan bolu biasa
Adonan bolu biasa adalah adonan yang tidak menggunakan lemak margarin/mentega) atau menggunakan lemak sedikit sehingga menghasilkan kue bolu dengan tekstur sedikit kasar (pori-pori kue terlihat besar).

Sumber : https://ramesia.com/cara-membuat-adonan-donat-yang-lembut/

Mendirikan Usaha Minuman Ringan Kemasan Agar Cepat Balik Modal

Peluang Usaha Minuman
Berfikir mengenai minuman jenis apa yang dapat menghasilkan income yang besar. Hindari usaha minuman air putih karena usaha tersebut telah ramai sekali di perjual belikan. Anda dapat mengolahnya menjadi sebuah hasil minuman yang berbeda dari yang lainnya.

Contohnya Anda ingin membuka usaha minuman cokelat. Anda wajib memproduksi minuman tersebut lebih menarik dari biasanya. Disinilah inovasi dan kreativitas Anda dieksplor, agar konsumen tertarik untuk membelinya dan menjadi pelanggan tetap.

Dalam usaha minuman, Anda juga wajib peduli dengan merek. Penamaan minuman sangat penting untuk Anda perhatikan sebelum memulai promosi usaha minuman Anda. Hal ini dikarenakan customer seringkali tertarik untuk membeli suatu produk bukan hanya karena barangnya saja yang berkualitas, namun juga karena nama produknya yang aneh. Hal itu kemungkinan karena rasa ingin tahu dari calon pelanggan yang kemudian penasaran untuk membelinya.

Minuman cokelat ialah salah satu minuman yang menjadi favorit warga negara Indonesia. Hampir setiap hari warga negara Indonesia meminumnya, baik pagi atau malam hari. Minuman cokelat ini kegunaannya bukan hanya menyegarkan saja, tetapi juga menyehatkan karena dapat meningkatkan stamina.

Nah, bagi Anda yang bingung mencari usaha minuman untuk tambahan income keluarga, tak ada ruginya Anda menggarap bisnis waralaba minuman cokelat. Minuman cokelat ini pastilah dapat menarik minat konsumen, karena dapat disajikan dalam keadaan dingin ataupun hangat.

Baca juga  Analisa Laba Usaha Roti Bakar
Oleh karena itu, bagi Anda yang masih pusing mencari bisnis sampingan untuk meningkatkan income keluarga, Minuman cokelat dapat Anda fungsikan sebagai bisnis waralaba yang memberikan untung besar Anda. Dengan dana yang tidak terlalu besar, Anda bisa meraih keuntungan yang besar asalkan Anda mau berjuang menjalankan usaha minuman tersebut.

Siapa Pelanggan Anda?
Tidak dapat dipungkiri bahwa minuman ialah salah satu kebutuhan dasar masyarakat karena seluruh kalangan masyarakat bisa menjadi target pasar Anda, dari anak-anak hingga orang dewasa. Dan tentu saja ini menjadi kesempatan baik bagi Anda untuk meraih income yang besar di usaha ini.

Bagaimana Cara Mempromosikan Minuman Anda?
Yang juga tak kalah penting dalam menggeluti sebuah usaha adalah bagian promosi, karena dari proses inilah Anda akan memperoleh konsumen. Cara yang paling sering kita temukan dalam berpromosi adalah memfungsikan media, baik media cetak semisal pamflet, tajuk rawal dan banner atau media online semisal media sosial atau blog. Namun jika usaha Anda mulai berkembang, Anda bisa melakukan kerjasama dengan cara waralaba.

Kiat Sukses Membuka Usaha Minuman
Soal bisnis tentu Anda ingin memiliki penghasilan yang besar. Selain penghasilan yang besar Anda juga wajib selalu memperhatikan kualitas produk Anda. sebab kepuasan konsumen adalah yang terpenting untuk dapat mencapai sebuah keuntungan. Selain itu jika Anda mau berinovasi membuat minuman baru yang belum ada dipasaran, Anda akan mendapat keistimewaan sendiri untuk menarik para pelanggan.

Selain dari kualitas barangnya, Anda juga mesti memperhatikan lokasi yang strategis untuk berniaga. Sehingga diharapkan nanti akan dapat menggapai hasil yang maksimal. Tempat-tempat yang bagus adalah yang dekat dengan keramaian misalnya dekat sekolahan, taman bermain, area perkotaan yang padat dan masih banyak lagi.

Dan yang terakhir adalah membuat merek Anda sendiri. Ini adalah tahap yang cukup penting karena dengan menciptakan brand usaha minuman, produk Anda akan pesat diketahui banyak orang. Selain itu banyak konsumen yang akan mengenali rasa minuman hanya dari brand Anda.

Baca juga  Melihat Besarnya Peluang Bisnis Ikan Giling di Indonesia
Suport Mesin untuk Usaha Minuman Anda
Kami PT Ramesia Mesin Indonesia menjual mesin cokelat untuk usaha minuman Anda. Bukan hanya mesin cokelat saja, kami juga menawarkan aneka mesin minuman lainnya, silahkan kunjungi katalog kami.

Comments

Popular Posts