Laporan Terkini Peluang Usaha Roti Bakar

Bisnis roti rumahan semacam ini juga dapat dijalankan diberbagai tempat karena target pasarnya yang cukup luas tentunya pembaca semua pernah melihat di kios pinggir jalan roti macam ini di jajakan dengan berbagai jenis rasa seperti coklat, susu, moca dan lain lain. Roti di jajakan dengan harga bervariasi mulai dari 1000 sampai 10 ribuan tergantung ukuran dan jenis nya.

Itu merupakan salah satu hasil dari produk bisnis roti kelas ukm ini, biasanya mereka menjual rotinya dengan sistim titip ke warung, setiap hari akan ada petugas bagian datang untuk mengecek berapa roti yang laku terjual di hari sebelumnya bersamaan dengan itu mereka juga mengisi kembali apabila stok roti di kios nya mulai berkurang.

Cakupan pemasarannya bergantung dari skala besarnya bisnis pembuatan roti yang di kerjakan, jika daya produksi rotinya masih seadanya biasanya cakupan penjualannya hanya disekitar wilayah produksinya, armada yang digunakan untuk berjualan pun cukup menggunakan kendaraan roda dua seperti motor ataupun sepeda.

Sebaliknya untuk bisnis pembuatan roti rumahan yang sudah berskala cukup besar, cakupan pemasaran mereka biasanya lebih luas karena daya produksi rotinya pun sudah lebih besar, armada yang diperlukan untuk pemasaran biasanya sudah berupa kendaraan roda empat, usaha pembuatan roti dengan skala seperti ini bahkan pemasarannya sudah mampu menjangkau luar kota.

Langkah Memulai Usaha Roti Rumahan
Tertarik dengan model bisnis seperti ini? Pertama yang harus di persiapkan ialah kemampuan atau keterampilan untuk membuatnya baik dimiliki sendiri atau dengan merekrut sumberdaya yang ahli dibidang pembuatan roti.

Setelah itu juga perlu di berikan berbagai alat penunjang berupa mesin dan peralatan produksi lainnya, dalam menyediakan mesin inilah yang paling memakan banyak biaya bisnis karena harga dari tiap mesinnya lumayan tinggi, diantaranya yang umum di gunakan adalah:

Baca juga  Cara Membuat Jus Brokoli yang Mudah dan Hemat
Mixer, yang berfungsi untuk membentuk adonan utama pembuatan roti.

Mesin Proofer atau lemari pengembang roti, berperan untuk mempersingkat proses pemekaran adonan roti sebelum dimasukan ke dalam oven.

Dough Divider, atau biasa disebut mesin pembagi adonan. Fungsinya adalah untuk membentuk dan memecah adonan roti agar ukurannya sama rata.

Oven, berfungsi untuk memanggang sebagai langkah terakhir dalam pembuatan roti.

Berbagai macam alat penunjang lain juga di perlu kan, seperti loyang, pemotong, cetakan dan lain sebagainya. Harga dari setiap mesin di atas bervariasi tergantung dari jenis nya, sebagai perkiraan harganya sekitar 6 jutaan sampai 15 jutaan. Sampai-sampai kalau Anda ingin secara lengkap memiliki semua mesin produksi roti ini, dana yang harus dipersiapkan antara 30 hingga 50 jutaan.

Agak besar memang modal yang dibutuhkan, namun jangan dahulu bersedih kalau dana usaha pembuatan roti rumahan Anda belum sampai angka di atas. Contoh yang kami informasikan di atas hanyalah sebagai perkiraan biaya yang dibutuhkan untuk memiliki mesin pembuat roti yang bagus.

Sumber : https://ramesia.com/laporan-usaha-roti-bakar/

Gapai Suksesmu dengan Usaha Aneka Donat


Dikarenakan bentuknya yang unik yaitu bentuk bulat namun memiliki bolongan di bagian tengahnya. Usaha kue donat adalah jenis usaha kuliner yang tidak mungkin pernah mati karena bisnis ini selalu dibutuhkan oleh setiap konsumen. Pendek kata, usaha donat merupakan bisnis yang sangat menggiur di saat ketatnya kompetisi di antara para pengusaha.

Siapakah yang tidak kenal dengan jenis makanan yang satu ini? Tentunya setiap orang mengenalnya sebagai makanan pasar dan merupakan makanan favorit mereka. Bentuknya yang bulat dengan bolong di daerah tengah yang merupakan ciri khasnya. Saat ini begitu banyak tekstur dan varian dari roti donat. Donat bukan hanya memiliki lubang di tengahnya, akan tetapi kini sangat banyak roti donat yang berbentuk persegi empat tanpa dilubangi daerah tengahnya, bahkan sekarang telah hadir kue donat dengan bentuk menyerupai angka 8. Berbagai jenis inovasi tekstur kue donat membuat roti ini semakin digandrungi oleh berbagai lapisan masyarakat tanpa melihat umur.

Begitu banyak resep pengolahan kue donat yang biasa dijumpai di internet, maupun dari para pelaku bisnis roti donat. Terdapat beberapa campuran donat yang dicampurkan dengan campuran kentang sehingga mempunyai bentuk yang gurih dan lezat dikonsumsi. Adapula adonan donat yang dicampur dengan madu sehingga memiliki rasa manis yang unik. Kemudian adapula adonan kue donat yang ditambah ubi yang sering disebut donat ubi. Dan ada juga roti donat alami, yakni adonan donat yang asli tanpa dicampur bahan lainnya.

Saat ini sangat mudah dijumpai di pinggir jalan para penjual kue donat ataupun dalam bentuk bisnis rumahan. Biaya yang ditawarkan bervariasi dari Rp.500 hingga Rp.2000. Salah satu pengusaha yang terjun ke dalam bisnis donat adalah Utami. Adapun harga donat perbuah yang ditawarkan wanita cantik ini sebesar Rp.500. Harga yang cukup terjangkau tapi dengan mutu yang terjamin sehingga laris manis, dan diburu banyak pembeli.

Baca juga  Belajar Untung Besar dari Usaha Es Buah
Saat ini donat dapat dengan mudah kita jumpai di banyak tempat usaha disebabkan banyaknya pelaku bisnis yang menjual roti donat. Kini roti donat memiliki banyak tekstur dengan bermacam-macam varian cita rasa dan aneka bahan (donat sirup, donat kentang, dan lain sebagainya) dan harga bervariasi. Fenomena banyaknya aneka variasi roti donat, dilengkapi dengan bermacam-macam bentuk dan rasa serta bahan adonan merupakan inovasi dari pelaku usaha untuk membedakan bisnisnya dengan kompetitornya.

Perlu kita pahami, sebenarnya untuk membuka usaha donat tidaklah membutuhkan uang yang banyak. Dengan menggunakan modal yang tidak terlalu besar, kita bisa memulai usaha donat dengan profit yang menjanjikan. Jika anda berminat untuk memulai usaha berjualan kue donat, ada beberapa faktor yang perlu anda pikirkan, antara lain:

1. Kemauan yang Kuat Untuk Berwiraswasta Roti Donat.
Faktor ini sangatlah penting. Karena walaupun anda memiliki modal yang besar akan tetapi tidak memiliki kenginginan kuat untuk berbisnis donat maka mustahil untuk sukses. Itulah pentingnya niat yang keras. Oleh sebab itu, baiknya anda mempunyai niat yang keras untuk berbisnis kue donat.

2. Variasi Kue Donat.
Ada baiknya anda berupaya untuk membuat donat yang beraneka ragam, karena roti donat yang memiliki cita rasa dan tekstur yang biasa sudah membuat bosan bagi para pecinta kuliner sehingga kurang disukai oleh mereka. Oleh sebab itu, sebaiknya anda berkreasi untuk membuat donat dengan jenis yang berbeda, misalnya kue donat keju, kue donat bakar, kue donat madu dan lain sebagainya.

3. Harga Donat.
Berikutnya anda memproduksi banyak macam kue donat, step berikutnya adalah mematok harga kue donat. Perlu anda ketahui dengan banyaknya variasi donat maka harga roti donat pun baiknya ditentukan bervariasi sesuai dengan segi ongkos pembuatan roti donat, mulai dari yang mahal sampai yang paling murah.

4. Pemasaran.
Langkah Ini adalah salah satu hal yang tidak boleh dilupakan oleh seorang pelaku bisnis kue donat. Langkah pemasaran merupakan kunci sukses suatu usaha. Begitupula dengan usaha donat. Selanjutnya setelah anda memproduksi donat adalah memasarkannya. Cara marketing roti donat bisa dilakukan dengan cara dititipkan di sejumlah toko, atau dipasarkan di rumah sendiri.

Comments

Popular Posts