Membuat Perencanaan Tepat Ketika Menggarap Bisnis Roti Goreng

Itulah hasil dari produk bisnis roti goreng kelas ukm ini, umumnya mereka memasarkan rotinya dengan sistim titip ke kios, setiap hari akan ada orang yang bertugas datang untuk menghitung berapa roti  goreng yang laku terjual pada hari sebelumnya bersamaan dengan itu mereka juga menyetok kembali jika stok roti goreng di warung nya mulai habis.

Jangkauan pemasarannya tergantung dari skala besarnya bisnis pembuatan roti goreng yang di kerjakan, jika daya produksi rotinya masih minim biasanya cakupan pemasarannya hanya disekitar lokasi pembuatannya, kendaraan yang digunakan untuk berkeliling pun cukup memakai kendaraan roda dua seperti motor ataupun sepeda.

Sedangkan untuk bisnis pembuatan roti goreng rumahan yang sudah berskala lumayan besar, lingkup penjualan mereka biasanya lebih luas karena kemampuan produksi rotinya pun lebih besar, armada yang diperlukan untuk penjualan biasanya sudah berupa kendaraan roda empat, bisnis pembuatan roti goreng dengan skala seperti ini bahkan pemasarannya sudah mampu menjangkau luar kota.

Langkah Memulai Usaha Roti Goreng Rumahan
Tertarik dengan model bisnis semacam ini? Paling awal yang harus Anda persiapkan ialah kemampuan atau kemahiran untuk membuatnya baik itu dimiliki sendiri atau dengan merekrut orang yang mahir dibidang pembuatan roti goreng.

Baca juga  Cara Memotong Daging Bebek Secara Benar, Agar Daging Tidak Alot
Sehabis itu juga harus di berikan berbagai jenis alat pendukung berupa mesin dan peralatan produksi lainnya, dalam mengadakan mesin inilah yang paling menghabiskan banyak dana usaha karena harga dari tiap mesinnya cukup tinggi, diantaranya yang biasa di pakai adalah:

Mixer, yang berguna sebagai pembentuk adonan utama pembuatan roti.

Mesin Proofer atau lemari pengembang roti, berguna untuk mempersingkat proses pemekaran adonan roti sebelum masuk oven.

Dough Divider, atau biasa disebut mesin pembagi adonan. Berfungsi untuk membentuk dan memecah adonan roti supaya ukurannya sama rata.

Oven, berfungsi untuk memanggang sebagai langkah akhir dalam pembuatan roti.

Berbagai alat penunjang lain juga di butuh kan, seperti loyang, pemotong, cetakan dan lain lain. Harga dari setiap mesin di atas berbeda tergantung dari merk nya, sebagai perkiraan harganya sekitar 6 jutaan sampai 15 jutaan. Sehingga kalau Anda ingin secara lengkap memiliki semua mesin produksi roti goreng ini, modal yang harus Anda persiapkan antara 30 sampai 50 jutaan.

Lumayan besar memang modal yang dibutuhkan, namun jangan dahulu bersedih kalau dana bisnis pembuatan roti rumahan Anda tidak sampai angka di atas. Contoh yang kami ulas di atas hanyalah sebagai gambaran biaya yang diperlukan untuk membeli mesin pembuat roti goreng yang bagus.

Sementara kenyatannya Anda bisa saja membuka bisnis ini hanya dengan cara manual yang bermodalkan oven roti saja, sedangkan peralatan lain dapat memanfaatkan peralatan yang biasanya sudah ada seperti mixer dan alat lainnya. Sebab pada dasarnya mesin-mesin di atas hanya berfungsi untuk membantu mempercepat proses produksi walaupun nantinya mesin ini tetap di perlu kan jika kapasitas produksi roti goreng Anda sudah mencapai batasnya karena permintaan pasar lumayan besar.

Sumber : https://ramesia.com/rencana-bisnis-roti-goreng/

Begini Tips Mudah Mengawali Bisnis Es Kopi

Sudah tak heran lagi, budaya ngopi ini telah melekat bagi masyarakat mulai dari kalangan ekonomi menengah bawah hingga ekonomi atas. Seluruh golongan masyarakat memang banyak yang ketagihan kopi, sehingga rasanya akan ada yang kurang jika melewatkan waktu untuk meminum kopi.

Kopi sendiri adalah tipe minuman yang diolah dari pengolahan biji kopi. Bulir kopi sendiri didapat dari pohon kopi yang sudah matang dan tua yang setelah itu dikupas lalu dijemur dulu. Setelah tahapan pengeringan berlanjut dengan tahap pegongsengan kopi yang ditujukan untuk menghasilkan rasa dan aroma kopi yang lebih enak. Mekanisme ini berlangsung dengan menyangrai kopi tidak menggunakan minyak, kemudian tahap gongseng selesai biji kopi dapat digiling agar mendapatkan bubuk kopi yang halus dan sempurna. Bubuk kopi ini yang nantinya untuk diseduh menjadi minuman yang mantap.

Negara Indonesia merupakan negara yang memiliki kopi dengan jumlah paling besar di dunia. Oleh karena itu tak heran bila kopi dari Indonesia sudah populer hingga mendunia. Salah satu jenis kopi yang memiliki peringkat pertama dengan mutu terbaik dan bernilai adalah jenis kopi luwak. Kopi tersebut didapat dari kotoran hewan luwak yang diperdagangkan dengan nilai harga paling besar.

Ramainya pengidola kopi di Indonesia dapat memberikan sebuah peluang usaha kopi yang menggiurkan serta membanggakan. Produk yang jadi incaran serta kesukaan masyarakat pasti akan memberikan keuntungan bisnis yang baik bagi pelaku bisnis kopi. Dalam masyarakat sendiri telah banyak beterbaran para pelaku bisnis kopi mulai dari warung kopi sederhana sampai warung kopi modern. usaha kopi ini ramai didatangi para pengunjung yang ingin nongkrong atau bercengkerama bersama sahabat, saudara, pacar dan lain-lain sambil menikmati secangkir kopi. Warung kopi menjadi tongkrongan yang ramai dengan penggemar kopi dari waktu ke waktu tidak ada kendala musim panas maupun hujan. Inilah yang mengakibatkan ramai penjual usaha kopi yang menjadi keberhasilan dengan hasil penjualan yang tinggi.

Terpana untuk mengeluti usaha kopi yang menggiurkan? Peluang berbisnis kopi akan masih terbuka lebar bagi siapa saja yang ingin terjun langsung di bisnis tersebut. Bisnis ini simpel dikerjakan tanpa wajib mempunyai keahlian khusus dalam menjalankannya. Membuat kopi memang tidak rumit dan susah seperti membuat olahan resep makanan kuliner. Dengan kemudahan proses peracikan kopi yang mudah menjadi magnet tersendiri untuk banyak orang untuk menekuni bisnis kopi.

Baca juga  12 Manfaat Kopi Enema yang Tidak Diketahui Banyak Orang
Membuat kopi sendiri memiliki cara yang simple dan umum yakni dengan memberikan gula dan kopi kemudian siram dengan air mendidih, kopipun sudah siap. Selain itu, saat ini kopi juga sudah melewati berbagai perkembangan sehingga kopi juga kadang kala disajikan dalam keadaan dingin. Trik simpel Meracik kopi juga biasanya pecinta atau penikmat kopi di negeri ini membuat bisnis kopi peluang suatu bisnis yang menguntungkan.

Ternyata, kopi yang disajikan dalam keadaan dingin atau yang dikenal dengan sebutan es kopi sangat diminati oleh masyarakat. Lalu bagaimana langkah mengawali atau membuka bisnis es kopi ? Untuk mempelajari usaha es kopi ini Anda bisa memperhatikan hal-­hal di bawah ini:

Mengawali Bisnis Es Kopi
Sedikitnya terdapat beberapa poin yang wajib Anda rancang untuk memulai bisnis ini. Pelajari baik-baik dengan penuh konsentrasi.

1. Target Konsumen
Anda wajib mengkonsep masak-masak siapa target konsumen Anda. Siapakah yang nantinya menjadi customer utama bisnis es kopi Anda. Berapa pendapatannya. Seperti apa mereka menganggap racikan suatu kopi. Golongan apakah mereka? Pelajar, pekerja pasar, kaum proletar, karyawan kantoran, atau para pecinta kopi?

Mempelajari sikap customer dapat membantu merancang teknik berikutnya. Misalnya lokasi yang cocok, desain kode yang sesuai, dan tarif yang sesuai untuk kopi Anda. Jika modal Anda kecil dan menarget customer golongan menengah ke atas. Bekerjasamalah dengan teman atau partner bisnis yang ingin membiayai bisnis Anda.

Langkah mudah menemukan investor adalah mengajukan surat tanah atau BPKB Anda ke Bank. Namun ada trik lain yang lebih mudah dan hemat. Cobalah untuk ikut serta kegiatan-kegiatan lomba bisnis plan yang diadakan oleh berbagai instansi. Contohnya enterpreneurship competition. Bila berhasil, Anda akan mendapat pembiayaan secara cuma-cuma.

2. Tempat Bisnis Es Kopi
Anda harus menentukan tempat paling ramai untuk mengawali bisnis es kopi ini. Tempat merupakan ujung tombak dalam hidup matinya bisnis Anda. Contohnya saja Anda mau menggunakan ide warung kopi sederhana, maka Anda harus menemukan tempat yang selalu berdekatan dengan orang-orang ramai yang gampang dijumpai.

Begitu juga jika Anda akan mengonsep usaha kopi dengan kafe. Hal ini akan sangat menolong jika tempat yang Anda temui adalah lokasi yang bersinggungan dengan universitas, swalayan, sekolah, kantor, dan lain-lain. Sedangkan bila Anda lebih berminat untuk memanjakan lidah pecinta kopi di suatu lokasi yang santai, Anda bisa memilih lokasi di lokasi rekreasi.

3. Menemukan Vendor
Ini merupakan hal penting, yang sering dianggap sepele. Jika Anda menjual kopi untuk target konsumen kelas menengah ke bawah. Anda tak perlu pusing mencari supplier, di pasar ramai pebisnis kopi dari instan ataupun tidak.

Comments

Popular Posts