Analisa Usaha Makanan Sosis

Usaha Makanan Sosis
Bumbu sosis ini kemudian diikuti oleh berbagai bangsa saat itu dengan selera mereka sendiri. seperti Sosis Bologna lahir dari kota Bologna di Italia Utara, selanjutnnya Sosis Lyon lahir di wilayah Lyon di Prancis, atau Sosis Berkshire yang berasal dari Wilayah Inggris. Dalam pembuatan sosis, ada sejumlah langkah-langkah yang perlu dilakukan, diantaranya adalah:

Penyiapan Bahan Sosis dan Peralatan Pembuatannya
Komposisi sosis disesuaikan dengan jenis daging atau bahan pokok yang akan dibuat, ceklah komposisi yang Anda gunakan adalah bahan yang dalam keadaan baru agar pelanggan tidak kecewa.

Selain itu kesegaran bahan utama akan amat mempengaruhi cita rasa dari sosis yang akan Anda produksi. jika Anda ingin mengadon sosis ayam, maka komposisinya terdiri dari:

Daging sapi sebanyak 500 gr
Tepung terigu kurang lebih 50 gr
Susu skim kurang lebih 50 gr
Selongsong secukupnya
Baca juga  Potensi Usaha Dagang Sosis Rumahan Masih Menjanjikan
Pada masa dulu pembungkus adonan terbuat dari usus sapi dan kambing dan Babi, atau komposisi lain yang bisa dimanfaatkan untuk kepentingan lapis-melapisi, seperti serat sellulosa, kolagen, atau plastik. Pelapis atau bagian luar sosis ini dapat diperoleh di kios-kios di sekitar rumah kita.

Resep sosis mencakup garam dapur secukupnya, gula putih sesuai selerabiasanya 30gr, lada merica (10gr), bawang putih (10gr), lemak ayam secukupnya umumnya 100gr, garam nitrat (1gr), minyak goreng (50gr), cuka (20ml), penyedap rasa sesuai selera, jahe dan pala (3gr), pengenyal phosmix Mp untuk bakso/sosis 1/2sdt, dan es batu sebanyak 200gr.

Sedangkan peralatan yang perlu disiapkan antara lain: perlengkapan masak, misalnya panci, baskom, pengukus, dsb, mesin penghalus (blender) daging, dan mesin pengisi sosis (filling sosis) supaya setiap tahap produksi lebih cepat.

Cara Pembuatan Sosis
Daging yang sudah bersih, dicacah kemudian digiling dengan mesin penggiling khusus daging. Kala tahapan tersebut berberjalan, masukkan juga garam, garam nitrat, phosmix MP, serta separuh bagian es batu. Kemudian, masukkan pula susu skim, tepung sagu, serta bumbu-bumbu. Sisa es batu juga ditambahkan lagi ke mesin penggiling agar tercipta adonan yang lebih kenyal. Giling terus agar adonan menyatu. Selanjutnya sebelum langkah pengadukan berakhir, masukkan minyak goreng ke dalam adonan. Tahapan berikutnya adalah membiarkan adonan agar agak dingin.

Proses ini berlangsung selama 15 menit. Ketika adonan agak dingin, selanjutnya adonan dimasukkan ke dalam kemasan. Proses memasukkan adonan sosis pada selongsong yang berbentuk pipa tersebut bisa dikerjakan sendiri atau dengan alat filling sosis yang bisa Anda pesan di Ramesiamesin.com.

Setelah Langkah pengemasan sosis berakhir, Tahapan selanjutnya ialah pengukusan. Kukus sosis ke dalam air mendidih yang bersuhu konstan 60°-70° C hingga 50 menit. Bila kegiatan perebusan sudah berakhir, maka sosis sudah siap dikemas lagi untuk dipasarkan serta dibekukan di lemari pendingin.

Sumber : https://ramesia.com/usaha-makanan-sosis/
https://ramesia.com/

Comments

Popular Posts